Mengenal Batik Wonogiren Tirtomoyo

Mengenal Batik Wonogiren Tirtomoyo – Wonogiri Provinsi Jawa Tengah mempunyai batik yang bersumber dari kearifan budaya lokal. Batik tersebut dikenal dengan sebutan batik Wonogiren yang mempunyai karakter khas pada motif dan corak kain batik. Ciri khas ini ditandai pada corak  pecah-pecah pada kain batik yang dihasilkan. Batik Wonogiren telah menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat  Kabupaten Wonogiri. Seperti yang dilakukan oleh  Daryono, sebagai salah satu pelaku usaha kecil produsen batik Wonogiren yang ada di Kecamatan Tirtomoyo.


1. Latar Belakang Sejarah Batik Wonogiren
Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo diawali oleh seorang abdi dalem Pura Mangkunegaran yaitu Kanjeng Wonogiren yang merupakan sang kreator terciptanya Batik Wonogiren  sekitar tahun 1910-an.  Batik Wonogiren memiliki ciri khas eksklusif yaitu remukan. Remukan tercipta dari ketidaksengajaan saat proses membatik, akan tetapi para konsumen mengira remukan-remukan tersebut merupakan ciri dari Batik Wonogiren dan terlihat seperti alami dan indah. Para konsumen pun menyukai dengan Batik Wonogiren dengan remukannya, dan sampai sekarang remukan menjadi ciri khas dari Batik Wonogiren. 

2. Jenis Motif Batik Wonogiren
Batik Wonogiren  terdapat 2 macam yaitu Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo dan Batik Wonogiren Pengembangan. Contoh jenis motif Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo adalah Manyar Sewu, Ratu Ratih, Sido Drajat, Suryo Suwito, Sido Asih, Tirto Tedjo Kusumo, Simbar, Wahyu Temurun, sido Mulyo. Contoh Batik Wonogiren Pengembangan adalah Motif Gajahan, Motif Satriyo Manah, Motif kupu Kongket, Motif Urang, dan Motif Alas-alasan.

3. Estetika yang Terkandung di Dalam
Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo diungkap dengan menggunakan dasar teori estetika dari Darsono Sony Kartika, terdapat 4 macam nilai dasar yang digunakan yaitu nilai intrinsik, nilai ekstrinsik, nilai estetis murni, dan nilai estetis tambahan. Dari dasar tersebut remukan menjadi nilai estetika utama yang ada pada setiap Batik Wonogiren. Dari seluruh bentuk motif yang ada di Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo remukan menjadi ciri utama atau eksklusif dari Batik Wonogiren Tradisi Tirtomoyo.

Sekian artikel singkat kali ini. Bila Anda berkenan, silakan dilihat juga artikel tentang Batik Semarang.

Sumber: Dwi Widyantoro (Jurusan Kriya Seni/Tekstil Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta)